Tips Mengatur Anggaran Belanja di Tengah Pandemi

Tips Mengatur Anggaran Belanja di Tengah Pandemi

Kondisi keuangan mulai seret karena WFH? Coba deh untuk mulai mengatur lagi anggaran belanja kamu di tengah pandemi. Jangan sampai keuangan rumah tangga menjadi lebih tinggi gara-gara PSBB. 

Logika sederhananya, seharusnya kita bisa lebih banyak menghemat pengeluaran pada saat di rumah saja dan tidak melakukan perjalanan maupun jalan-jalan ke luar rumah. Terlebih saat berada di rumah kita tidak perlu pinjam dana untuk kebutuhan-kebutuhan yang terkadan tidak bisa dipenuhi dalam kondisi normal.

Supaya keuangan bulanan tidak boncos gara-gara kondisi pandemi, ada beberapa langkah sederhana yang sebenarnya bisa dilakukan asalkan benar-benar diterapkan secara disiplin.

Hidup hemat dan minimalis

Jangan gengsi untuk memulai hidup hemat dan serba minimalis. Ada banyak contoh yang bisa dilakukan. Misalnya dengan mengurangi jajan di luar terutama makanan-makanan yang selama dianggap sebagai junk food.

Lakukan screening terhadap beberapa barang belanjaan bulanan yang bisa dikurangi. Misalnya dengan mengganti beberapa merek tertentu yang harganya lebih murah tetapi punya fungsi yang sama sehingga bisa lebih menghemat anggaran.

Contoh sederhana jika kamu terbiasa mengonsumsi air galon merek premium, tidak ada salahnya mengganti dengan merek lain dengan harga lebih terjangkau tapi dengan kualitas yang hampir sama.

Memasak di rumah

Kunci hemat pengeluaran di rumah adalah dengan cara memasak. Usahakan untuk memasak sendiri selama kondisi pandemi. Perbanyak memasak sayuran dan juga mengonsumsi buah-buahan agar imun tubuh juga meningkat.

Mengurangi pemesanan makanan secara daring

Pemesanan secara online memang sangat memanjakan. Kita hanya tinggal memesan makanan yang diinginkan tanpa harus repot mempersiapkan bahan dan memasaknya. 

Tetapi, harga makanan lewat pemesanan online ini lebih mahal karena dikenai biaya tambahan dari aplikator serta dikenakan biaya kirim. Biaya itulah yang membuat harga memesan makanan secara daring jadi lebih mahal.

Tidak masalah jika kamu masih tetap melakukan pemesanan makanan secara daring, tetapi frekuensinya bisa dikurangi. Misalnya dari setiap hari menjadi tiga hari sekali atau syukur-syukur cukup di akhir pekan saja.

Belanja dua minggu sekali

Karena kebutuhan memasak sendiri, siapkan bahan-bahan makanan dengan belanja dua minggu sekali. Pilih bahan-bahan yang lebih awet dan tahan lama serta lebih mudah dalam pengolahan dan penyajiannya. Utamakan untuk menyediakan makanan yang sehat karena bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari segala penyakit.

Bayar semua tagihan tepat waktu

Dalam kondisi seperti ini jangan menunda soal kewajiban termasuk membayar semua jenis tagihan yang dimiliki. Mulai dari tagihan listrik, internet, air, BPJS, hingga berbagai macam cicilan yang harus diselesaikan sebelum jatuh tempo.

Jika ternyata dana yang dibutuhkan belum cukup, tidak perlu khawatir. Untuk pembayaran berbagai macam tagihan bisa tertolong dengan lewat aplikasi Kredivo. Lewat Kredivo, kita bisa membayar tagihan bulan ini lalu dibayarkan bulan depan tanpa bunga sama sekali.

Kredivo sudah terdaftar di OJK dengan nomor S-236 / NB.213 / 2018 atas nama PT FinAccel Digital Indonesia. Selain bisa membantu membayarkan dulu tagihan, Kredivo juga menyediakan layanan pinjam dana untuk berbagai kebutuhan. Semuanya bisa diajukan secara online dari rumah lewat aplikasi resminya.

Kredit limit yang diberikan Kredivo tergolong cukup besar hingga Rp30 juta per member. Limit kredit tersebut bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, baik itu kebutuhan konsumtif, produktif, maupun kondisi darurat.

Lalu bagaimana caranya mendaftar di Kredivo? Cukup download saja dulu aplikasinya di Google Play Store maupun App Store. Setelah itu tinggal ikuti saja prosedur pendaftarannya dengan sangat mudah. Syarat untuk menjadi member premium Kredivo pun cukup terjangkau, antara lain:

  1. Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
  4. Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Bunga pinjaman uang dari Kredivo adalah 2.95% per bulan. Kredivo tidak hanya bisa digunakan untuk mengajukan pinjaman uang saja lho. Tersedia dua pinjaman yang bisa dimanfaatkan, yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo. 

Dengan adanya kasus pandemi ini sebenarnya ada hikmah yang bisa kita petik, yaitu menjadi semakin sadar betapa pentingnya mengatur keuangan sejak dini sehingga kapan saja dalam kondisi apapun kita bisa siap menghadapinya karena sudah memiliki persiapan lewat dana darurat, tabungan dan juga investasi yang sudah disiapkan sejak lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *