Cegah Preeklamsia Pada Ibu Hamil Dengan Asam Folat

Cegah Preeklamsia Pada Ibu Hamil Dengan Asam Folat

Setelah menikah, kehadiran sang buah hati adalah salah satu hal yang paling ditunggu. Namun, untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan waktu yang tidak sebentar dan usaha yang tidak terbilang mudah. Saat mengandung sang buah hati, ibu hamil memerlukan asupan nutrisi yang berlebih karena saat itu Ia juga harus memenuhi kebutuhan asupan nutrisi untuk dua orang, yaitu dirinya sendiri dan si kecil.

Salah satu asupan nutrisi yang wajib dipenuhi oleh ibu hamil adalah asam folat atau lebih sering dikenal dengan nama vitamin B9. Asam folat untuk ibu hamil memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan guna mencegah berbagai macam hal yang tidak diinginkan demi tercapainya kelancaran sampai proses persalinan berlangsung. Contoh manfaat asam folat bagi ibu hamil ialah menghindarkan bayi dari risiko cacat tabung saraf dan mencegah terjadinya keguguran.

Selain itu, beberapa penelitian telah menemukan bahwa ibu hamil yang medapat cukup asupan asam folat sejak trimester kedua kehamilan memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami preeklamsia. Preeklamsia sendiri adalah sebuah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi dan tanda-tanda kerusakan organ, misalnya kerusakan ginjal yang ditunjukkan oleh tingginya kadar protein pada urin (proteinuria). Preeklamsia juga sering dikenal dengan nama toksemia atau hipertensi yang diinduksi kehamilan.

Gejala preeklamsia biasanya muncul pada saat usia kehamilan memasuki minggu ke-20 atau lebih (paling umum terjadi pada usia kehamilan 24-26 minggu), sampai tak lama setelah bayi lahir. Preeklamsia yang tidak disadari oleh sang ibu hamil bisa berkembang menjadi eklamsia, yaitu kondisi medis serius yang mengancam keselamatan ibu hamil dan janinnya. Tanda klinis utama dari preeklamsia adalah tekanan darah yang terus meningkat. Maka alangkah baiknya bila rutin mengecek tekanan darah ibu hamil.

Guna mencegah preeklamsia pada ibu hamil, maka diperlukan kadar asam folat yang cukup. Penuhi kebutuhan asam folat dengan mengonsumsi berbagai macam sayuran seperti bayam, brokoli, dan kentang lalu hati sapi dan telur. Kebutuhan asam folat juga dapat dipenuhi dengan mengonsumsi suplemen kehamilan seperti yang terdapat pada link berikut (sumber : https://www.goapotik.com/produk/folamil-gold-30-kapsul ) .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *